Rabu, 24 September 2008

Menggunakan domain Co.cc dengan blogspot.com

Iseng-iseng nyobain domain http://www.co.cc. Eh ternyata bisa dipasangkan domainnya ke blogger.com. Sudah begitu domain co.cc ini bukan hanya menawarkan redirect URL frame tapi juga menawarkan forwarding DNS. wuih mantap. Kalo anda punya blog dengan alamat http://namablogku.blogspot.com kepanjangan bisa digunakan fasilitas custom domain milik co.cc. Wah enak deh. Cobain yuk cara membuatnya!

Strategi

Rencananya kita akan membuat domain baru untuk mengganti domain lama. Untuk contoh saat ini adalah domain blogspot. Contoh domain saya di blog adalah http://arisyarifudin.blogspot.com. Saya akan ubah menjadi http://www.sjarifudin.co.cc. Kenapa cuman blogspot doang. Karena blogspot/blogger.com menyediakan fasilitas kustom domain untuk redirect DNS. Yang lain belum tau. Nanti menyusul

Syarat

Harus ada akun (account) di blogger dan di www.co.cc. Jadi anda harus punya blog dulu di blogger.com. Kalau belum punya silakan daftar dulu. Bagi yang sudah, tinggal ikuti tutorial ini. Usahakan gunakan blogger yang baru aja untuk latihan. Untuk memastikan agar tidak terjadi kekacauan. Kalau blog anda sudah ramai dan terkenal mendingan jangan dipakai untuk percobaan. Lebih baik anda membuat satu domain blogspot yang baru aja. Nanti kalau sudah ahli dan yakin silakan praktekkan pada domain sendiri.

Disclaimer

Saya tidak bertanggungjawab bila blog/situs anda mengalami kerusakan yang tidak diinginkan. Gunakan blog yang baru saja untuk mencoba.

Masa waktu approve domain

Co.cc tidak memasang janji waktu kapan domain akan diaprove. Karena tergantung server dan permintaan dari pengunjung. Ada yang bilang butuh 5-12 jam. Ada yang bilang satu hari baru bisa online domainnya. Jadi dimohon bersabar saja bila sudah selesain konfigurasi dan acak sistem.

Daftar domain di www.Co.cc

Silakan daftarkan domain anda di sini http://www.co.cc. Pilih menu “Create an account now” di pojok atas kanan. Isikan data anda dengan benar.

Kalau proser registrasi berjalan sempurna, maka anda akan didirect ke jendelan berikutnya yaitu “Domain Settings | Update Your Account and Domain“.

Di halaman ini anda harus melakukan pembuatan domain baru. Silakan klik link “Getting A New Domain”

Anda akan menjumpai halaman “ Getting A New Domain | Choose a domain name “. Di halaman anda dipersilakan membuat domain baru, namun terlebih dahulu diwajibkan untuk mengecek domainnya. Silakan ketik domain yang anda inginkan. Check avalaibility-nya. Untuk memastikan bahwa domain yang didapat adalah gratis(free) maka usai mengisikan domain halaman yang muncul adalah pemberitahuan soal domain tersebut. Bila domain ada (availability) dan free (gratiszzzz) maka muncul halaman seperti dibawah ini
www.sjarifudin.co.cc is available
•Free
•Full DNS control and domain management

Awas Jangan keliru.

Selanjutnya klik tombol “Continue to registration“. Akan muncul halaman baru yaitu ” Getting A New Domain | Domain Registration ” dan pemberitahuan mengenai ” Your new domain has been successfully registered.” Selanjutnya klik tombol “SETUP”

Muncul halaman baru yaitu “Domain Settings | Update Your Account and Domain ” Pilihan anda adalah di nomor dua yaitu “Zone records“. Klik option radio “2. Zone records” untuk menampilkan setting-an.

Atur zone records

Akan muncul kotak “Add a record ”

Setting Nilai CNAME ZONE records

Isikan host nama domain anda di sini. Misalnya saya membuat domainnya adalah www.sjarifudin.co.cc, maka isikan nama domain tersebut di kotak HOST. TTL-nya bernilai 1 D, sementara TYPE-nya pilih CNAME, di kotak isian VALUE adalah ghs.google.com. ghs.google.com adalah nilai CNAME/DNS nya milik blogger.com/google yang akan mengubah url arisyarifudin.blogspot.com menjadi www.sjarifudin.co.cc,

Kalau sudah klik tombol SETUP. Kalau berhasil akan muncul informasi seperti di bawah ini.

informasi domain yang sukses diconfig

Sekarang tinggal ubah setting di Dashboard di blogger.com

Setting di Dashboard blogger.com

Sekarang saatnya praktek. Silakan anda masuk ke blogger.com. Bagi yang belum punya blog di blogspot/blogger.com silakan buat dulu. Di tampilan awal depan dashboard, pilih blog yang akan diubah domainnya.

Pilih link settings untuk langkah selanjutnya. Kemudian akan muncul tampilan Dashboard blogger seperti di bawah ini.

Selanjutnya pilih Tab Setting/Pengaturan, kemudian pilih sub tab Publishing/Publikasikan. Anda akan menjumpai deretan kalimat “you are publishing onblogspot.com, bla-bla-bla”. Fokuskan mata anda pada teks “switch to custom domain“. Inilah biang masalahnya. Silakan klik pada link “custom domain”

You are publishing on blogspot.com

Switch to: • Custom Domain (Point your own registered domain name to your blog)

Akan munjual jendela seperti di bawah ini.

Selanjutnya klik link “Already own a domain? Switch to advanced settings” di sebelah kanan.

Akan muncul tampilan jendela “Advanced Settings/Pengaturan Lanjut” di bagian your domain/domain anda. Isikan domain yang anda punya hasil pendaftaran di www.co.cc.

isian nilai domain co.cc

Misalnya di atas kasusnya saya membuat domain www.sjarifudin.co.cc, maka isikan nama domain yang anda buat sebelumnya di www.co.cc. Kalau sudah klik tombol “Save Settings”

Untuk menguji apakah settings blogger anda sudah sempurna adalah dengan mengetikan nama blog anda. Kalau anda sudah benar menuliskan serttingnya di Dashboard blogger, maka ketika anda membuka blogspot anda akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Info bila sukses kustom domain

Anda tinggal tunggu satu hari saja. Nanti domain anda akan aktif kembali dengan nama domain baru.

Kalau jelas dan berhasil silakan tuliskan komentar anda beserta nama domainnya. Kalau gagal, silakan curhat di komentar di bawah ini. Ingin COPY-PASTE artikel ini silakan. Saya ikhlaskan sebagai amal jariyah.

Maju terus blogger indonesia
http://syarifudin.web.id

1 komentar:

All We Need mengatakan...

mau tanya nech tentang adsense......
minta tolong yach kakak....




seandainya kita masukin adsense ke blog kita yg sudah dibanned,kita mau daftar ulang lagi gimana yach ??...

terus nech kakak....

klo ubah ke *.co.cc adsense kita bisa dimasukin ulang gak walo udah di bannd ??






salam hangat,





http://hot-side.blogspot.com/

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons